Minggu, 28 Oktober 2018

Bank Sentral



     Bank sentral  merupakan sebuah instansi yang mempunyai tanggung jawab dengan kebijakan moneter di wilayah negara yang bersangkutan. Tujuan bank sentral ialah menjaga keseimbangan nilai mata uang, sistem keuangan secara menyeluruh, dan stabilitas perbankan. Contoh bank sentral adalah Bank Indonesia.
      Sebagai bank sentral di Indonesia, BI memiliki satu tujuan yang sangat penting yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai mata uang yaitu rupiah. Keseimbangan nilai rupiah memiliki dua unsur, yaitu  keseimbangan nilai mata uang oleh barang dan jasa, dan keseimbangan nilai mata uang terhadap negara lain.
 
  Tujuan Bank Indonesia di dukung oleh pilar yang merupakan tiga bidang terhadap tugasnya yaitu menetapkan, melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, dan mengatur serta mengawasi perbankan yang ada di Indonesia.
Tugas bank Indonesia (BI) adalah mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, mengatur dan mengawasi kenerja bank bank yang ada di Indonesia, melaksanakan menetapkan kebijakan moneter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bank Syariah

Bank Syariah       Bank syariah  ialah perbankan yang pelaksanaannya berdasarkan hukum Islam (syariah). Pembentukan sistem ini berdasark...